A. TEORI BELJ. BEHAVIORISME
B. TEORI BELAJAR KOGNITIF
DIDASARI PSIKOLOGI KOGNITIF (PK)PELAJARI YG DPT DIAMATI DAN YG TIDAK, SEPERTI : PENGET., ARTI, PERASAAN, KREATIFITAS, & HARAPAN.
SOLSO (1995)
ILMU YG MEMPELAJARI PEMIKIRAN MNS, YAITU BAGAIMANA :
- MEMPERHATIKAN & MEMPEROLEH INFORMASI
- MENYIMPAN DLM MEMORI / OTAK
- MENGGGUNAKAN UTK PEMECAHAN MASALAH &BERPIKIR.
HKM GESTALT DLM PENGAMATAN :
- HKM PRAGNANZ (KEADAAN PENUH ARTI)
- HKM KESAMAAN
- HKM KETERDEKATAN
- HKM KETERTUTUPAN
- HKM KONTINUITAS
PRINSIP-2 GESTALT:
- KESELURUHAN LEBIH DULU DARI BAGIAN-2
- BAGIAN-2 MEMP. KEDUDUKAN DAN HUB. TTT SECARA FUNGSIONAL.
- BENTUK KESELURUHAN LEBIH PUNYA ARTI DIBANDING HANYA BAGIAN-2.
STRUKTUR KOGNITIF = SKEMATA
= KUMPULAN DARI SKEMA-SKEMA
PEMBENTUKN STRUKTUR KOGNITIF ;
- ASSIMILASI
- AKOMODASI
- EKUILIBRASI
- PROSES MENGERTI
- TAHAP SENSORI MOTOR ( ± 2 TH)
- TAHAP PRA-OPERASIONAL (2 – 7 TH)
- TAHAP OPERASIONAL KONGKRIT(7-11 TH)
- TAHAP OPERASIONAL FORMAL (11 TH)
TEORI BRUNER
SANGAT MENEKANKAN KEPADA KEAKTIFAN ANAK SECARA PENUH DALAM BELAJAR.TIGA TAHAP DALAM PROSES BELAJAR ANAK :
- TAHAP ENAKTIF
- TAHAP IKONIK
- TAHAP SIMBOLIK
- DALIL PENYUSUNAN
- DALIL NOTASI
- DALIL PENGKONTRUKSIAN & KEANEKARAGAMAN
- DALIL PENGAITAN
- DALIL PENGKONTRUKSIAN & KEANEKARAGAMAN
- DALIL NOTASI
TEORI DIENES
- MATEMATIKA MERUP. STUDI TTG STRUKTUR
- PRINSIP DAN KONSEP MAT. YANG DIAJAR DGN BENDA KONGKRIT (ALAT PERAGA) LEBIH BEHASIL.
- MAKIN BANYAK CONTOH, KONSEP SEMAKIN JELAS.
- UTAMAKAN PENEMUAN SIFAT KESAMAAN.
- SIMBOLISAI MERUP. TAHAP BELAJAR.
- FORMULASI = TAHAP AKHIR BELAJAR (URUTKAN SIFAT-2 KONSEP RUMUSKAN SIFAT-2 BARU)
- MANIPULASI BENDA KONGKRIT – ABSTRAKSI – STRUKTUR.
- PROSES WAJAR : BERMAIN … BERMAKNA .. PEMAHAMAN… APLIKASI.
- YANG DIPELAJARI HARUS ADA HUB, DGN, KONSEP YANG SUDAH DIPAHAMI.
PERBEDAAN BEHAVIORIME & KOGNITIF
UMUM :K … PROSES BERPIKIR MNS
B … LEBIH AGUNGKAN PENGARUH LINGK. YG KELIHATAN.
DENGAN TABEL
BEHAVIORISME | KOGNITIF |
PENGET.ADALAH : PASTI, OBJEKTIF, & TETAP | PENGET. ADALAH : NON-OBJEKTIF, TEM-PORER, BERUBAH. |
BELJ. = PEROLEHAN PENGETAHUAN MEMBENTUK HUBUNGAN S-R | BELJ. = PEMAKNAAN PENGETAHUAN PENGORGANISIRAN PENGL. KE STRUKTUR KOGNITIF. |
KONSEP KUNCI : PENGENDALIAN HADIAH | KONSEP KUNCI : HUB. BAG.-2 DGN KESELURUHAN |
MNS = MESIN & PUNYA MEKANISME | MNS = SATUAN SISTEM YG DINAMIS, SBG INTERAKSI ORGANISME & LINGK. |
KESELURUHAN DIBENTUK DARI BAGIAN-2 , BAG. DPT DIISOLIR PEND. OTOMAT &MOL. | BAG-2 BERASAL DARI KESELURUHAN KESELURUHANLAH YG BERMAKNA PEND. TOTALITAS |
TKH LAKU MNS : OTOMAT, IRRASIONAL, MEKANISTIK | TKH LAKU MNS : BERSIFAT KOGNITIF & PUNYA TUJUAN |
MENEKANKAN : TRIAL & ERROR, DRILL, REINFORCEMENT. TERGTNG STIMULUS YG DIBERIKAN | MENEKANKAN : INSIGHT. INSIGHT BARU DRILL TERGANTUNG KEJELASAN PERSEPSI. |
ALAM & PENGT. : TLH TERSTRUKTUR, TERATUR, & RAPI. | TEMPORER, BERUBAH, TAK MENENTU. TERGTNG MNS DLM MEMBERI MAKNA |
PEMBIASAAN & KETAATAN PENENTU KEBERHASILAN | KEBEBASAN PENENTU KEBERHASILAN |
KONTROL BELAJAR OLEH LINK. /GURU | KONTROL BELAJAR OLEH DIRI SENDIRI |
KEGAGALAN & KETIDAKMAMPUAN = KESALAH YG HARUS DIHUKUM KEBERHASILAN & Kemamp. PANTAS DI-PUJI & DIBERI HADIAH. | KEGAGALAN, KETIDAKMAMPUAN, KEBERHASILAN, KEMAMPUAN MERUP. INTERPRETASI BERBEDA YG HRS DIHARGAI |
BELAJAR UTK MENAMBAH PENGETH. TELAH BELJ. JIKA MAMPU UNGKAP KEMBALI YG DIPELJ. | BELAJAR UTK CIPTAKAN PEMAHAMAN, SHG TUNTUT AKTIVITAS & KREATIVITAS. |
STRATEGI : KETERAMPILAN TERISOLASI IKUTI KUR. & BUKU TEKS KETAT. MENEKANKAN HASIL. | STRATEGI : PENGETAHUAN BERMAKNA, IKUTI PAN-DANGAN SISWA DLM KONTEK NYATA. TEKANKAN PROSES |
1 komentar:
Harrah's Cherokee Casino - Mapyro
Harrah's Cherokee Casino 군산 출장샵 Hotel 인천광역 출장안마 is 강릉 출장안마 located in Murphy, North Carolina, and is open daily 24 hours. The casino is owned by the Eastern 제천 출장마사지 Band of 경상북도 출장샵 the Cherokee
Posting Komentar